Tuesday, April 7, 2015

kue cubit

penasaran (lagi-lagi) dengan kue yang lagi hits banget belakangan ini. iya, kue cubit. kue ini populer di daerah jakarta dan bandung hingga merambah ke bali. di bali sendiri kue cubit dipopulerkan oleh stickee, tempat ngemil-ngemil cantik bertempat di jalan dewi sri, kuta. 

ternyata cara membuatnya sederhana sekali, bahan-bahannya juga mirip sekali dengan panekuk (pancake). cetakannya pun bervariasi. aku sendiri pakai cetakan poffertjes yang aku beli di toko peralatan kue feni di jalan kartini, denpasar. 

kue cubit



bahan-bahan
2 btr telur ayam
50 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
50 gr margarin cair yang dilelehkan
1/8 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt bubuk vanili
margarin untuk mengoles cetakan
topping sesuai selera

cara membuat
1. siapkan cetakan, oleskan margarin merata.

2. masukkan telur ayam dan gula pasir, aduk dengan mikser hingga pucat, lembut dan mengembang.

3. masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. masukkan margarin cair, aduk hingga rata kemudian masukkan soda kue, baking powder dan bubuk vanili.

4. panaskan cetakan dengan api kecil, masukkan adonan 1/2 penuh cetakan. tutup. bila adonan sudah cukup matang dan mengembang, taburi dengan topping. tunggu sebentar kemudian angkat.


mudah ya? disini aku pakai berbagai macam topping, apa aja yang lagi ada di rumah :) oreo, milo nuggets, keju, selai blueberry, M n M's, skippy, dan permen UHA rasa green tea. kesempatan bereksplorasi dengan toppingnya tidak terbatas. anything can be.

resep diadaptasi dari sini

riri

1 comment:

Raja Kue said...

Terimakasih Artikel kue cubit nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
Salam Resep Kue Kering