bikin kostum pohon anak dari kertas, seru dan menyenangkan!

sudah menjelang akhir tahun nih! sekolah kakak mengadakan perayaan natal dan kakak kebagian tampil menggunakan kostum pohon. 

sekolah kakak meminta orang tua siswa untuk membuat kostum pohon. sama gurunya diberi beberapa link youtube untuk bahan referensi. sebagai tambahan referensi, saya lihat di pinterest juga dong dan minta opini paksu untuk desainnya. kakak juga saya libatkan dalam desain, saya tanya pohonnya mau isi apa saja. kakak bilang pohonnya mau isi berbagai macam buah dan juga binatang. hihihi.. rame banget ya. imajinasi anak memang ngga terbatas. 

dan ini jadinya. tada.....a


batang pohonnya dibikin dari kardus, kemarin pakai kardus bekas cpu. 

terus paksu bikin dedaunan utama (yang bentuknya bulat-bulat kaya gambar awan) pakai kertas blues white 250 gr, beli di toko stationery. tempo hari sih belinya di toko nadhi mart

nah untuk dedaunan kecil-kecilnya, saya pakai kertas asturo hijau dengan 2 warna hijau yang berbeda, hijau muda dan hijau lebih tua untuk menimbulkan dimensi. supaya gampang potong-potong daun, saya print dulu bagian belakang kertas asturo yang warna putih dengan outline daun.  

bagian paling menarik ini, buah-buahan dan hewan-hewan. saya cari dari elements di canva. untuk proses ini, saya libatkan juga kakak untuk memilih. kakak excited banget. kami memilih tiap buah dengan warna yang berbeda; apel (merah), jeruk (oranye), mangga (kuning), anggur (ungu) dan leci (merah). untuk hewan-hewan, kakak request hewan seperti sarang burung dengan anaknya, plus papa dan mama burung (so sweet banget), kupu-kupu (pake aksen merah, spesifik banget), kepik, tupai, dan lebah. ini semua diprint di percetakan dengan kertas blues white 250 gr juga. templatenya buah dan hewannya bisa didownload disini yah

di bagian bolongan kepala, ditambahin batalan di bagian atasnya supaya waktu pakai kostum, kepalanya engga sakit. kebetulan di rumah ada sisa bantalan yang dulu kami pakai untuk menutup siku meja waktu kakak masih balita.

nah, namanya juga amatiran ya, ternyata bagian atas jadinya terlalu berat karena kertas daun-daun kecil, buah dan hewannya. pohonnya jadi agak menekuk ke depan. lain kali mom kalau bikin, untuk dedaunan kecil-kecil, hewan dan buah-buahannya, atau aksen apapun di bagian atas kepala, di print dengan kertas yang ringan aja, seperti kertas hvs ukuran a3 yang 70gr. lebih ringan lebih baik. 

semoga sharingnya berguna ya. saya sih senang aja bikin tugas sekolah seperti ini, mumpung anaknya masih tk jadi tugasnya masih mudah :D

riri

Comments

Popular Posts