Monday, September 3, 2012

riricakelover: serabi kinca

udah lamaaa banget rasanya ngga masak dan kangen banget! mumpung liburan sebulan, ri nyobain salah satu resep kue indonesia :) hehe tumben yah.. iya nih obsesi dari lama bikin pancake ala indonesia ini. cara bikinnya mudah, walopun cape sedikit gara-gara marut kelapa *di supermarket kelapa parutnya habis :-l



serabi kinca

untuk 16 buah



bahan serabi
175 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt garam
1 butir telur
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
50 ml daun suji (dari 25 lembar daun suji dan 4 lembar daun santan)
1 sdt baking powder

bahan saus
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
125 gram gula merah, sisir halus
2 lembar daun pandan
1/4 sdt salt

cara membuat
1. panaskan cetakan serabi dari tanah liat yang diberi parutan kelapa. aduk-aduk kepala sampai berminyak. buang kelapanya. sisikan.

2. rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. ukur 450 ml santan. biarkan hangat.

3. aduk rata teoung terigu, garam, dan telur. masukkan santan dan air daun suji sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata.

4. tambahkan baking powder. aduk rata, diamkan 1 jam.

5. tuang di cetakan serabi yang sudah dipanaskan. biarkan hingga permukaan serabi menjadi berlubang-lubang. kecilkan api, tutup dan biarkan sampai matang.

6. saus: rebus santan, gula merah, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih.

7. sajikan serabi bersama sausnya.



review
ngga salah pilih resep! resep ini pas banget, dari rasa serabinya, juga kadar kemanisan sausnya. ri tipikal yang terlalu suka yang manisnya kebangetan :) resep ini dapet di internet, cuma lupa yah sumbernya mana *maaf ya yang punya resep >.<

karena ngga punya cetakan serabi dari tanah liat, ri pakai panci teflon ukuran mini yang biasanya berfungsi untuk untuk bikin telur mata sapi :)

kalau bisa, dan usahakan untuk pakai santan dari kelapa yang diparut, bukan santan dalam kemasan yang dijual di supermarket supaya rasanya lebih gurih. sekarang kan sudah ada kelapa parut yang dijual di supermarket, jadi tinggal campur air dan remes-remes aja. menyenangkan!

trus untuk pandannya juga, usahakan jangan pakai pandan paste yah, ri sih ga suka banget pake pandan paste, ngga ada rasa-rasa pandannya sama sekali dan warna hijaunya mencengangkan :-l

untuk air daun sujinya, pertama ri menghancurkan daun suji dan daun pandan dengan cobek sebelum dicampur dengan air dan diremas-remas. selain itu bisa juga dengan food processor trus ntarnya kalau sudah hancur ditumbuk dikit supaya sari-sarinya keluar lebih maksimal.

entah, tapi aroma pandan dan hijaunya suji selalu bikin kangen untuk kembali padanya :) memasak jadi nyaman banget rasanya kalau sudah masak kue pakai kedua bahan ini.

riri

No comments: