buttermilk pancakes

sepertinya sudah mulai jadi sebuah kerinduan bahwa tiap akhir minggu dilalui dengan melewatkan sebagian waktu di dapur mami untuk belajar memasak kue. ini salah satu resep favorit ri. sederhana, enak, dan mudah.

buttermilk pancakes

 

bahan
1 cup (130 gr) tepung terigu segitiga biru
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1/4 sdt garam
2 sdm (28 gr) gula putih halus
1 btr telur, kocok perlahan
1 cup (240 ml) buttermilk*
3 sdm (40 gr) unsalted butter, lelehkan

cara membuat
1. campurkan tepung, baking powder, baking soda, garam dan gula dalam sebuah wadah (a). dalam wadah terpisah, aduk telur, buttermilk, dan unsalted butter (b).

2. buat cekungan di tengah adonan kering (a), masukkan adonan basah (b) ke dalamnya, aduk perlahan hingga rata dan adonan berbusa. jangan diaduk terlalu lama agar pancake tidak kaku.

3. panaskan wajan, olesi dengan butter. tuangkan 1/4 cup (60 ml) adonan pancake dalam api sedang. ketika bagian bawah adonan tellah berwarna cokelat dan bagian atasnya mulai muncul gelembung (2-3 menit), balikkan adonan. masak hingga berwarna cokelat muda (1-2 menit).

4. ulangi masak sisa adonan dengan cara yang sama. sajikan pancake dengan sirup maple, atau tanpanya pun sudah lezat, selagi hangat =)

*
mungkin disini buttermilk tidak terlalu dikenal dan jarang juga ada di supermarket biasa. tapi tenang saja, ada bahan penggantinya kok, beberapa diantaranya:
1 sdm air lemon atau cuka plus 240 ml susu segar. biarkan selama 5 - 10 menit.
1 cup (240 ml) plain atau low fat yogurt
1 cup (240 ml) sour cream
1 cup (240 ml) susu plus 1 1/2  - 1 3/4 sdt cream of tartar

ri biasanya pakai pilihan pertama, susu dengan vinegar =)

anyway, ini kedua kalinya ri kehilangan foto hasil masakan :-s rasanya sih sebulan lalu masih ada di laptop tapi kok ya kemarin dicari engga ada ya, sayang sekali padahal pancakenya cantik sekali, empuk dan bulat sempurna +__+ entahlah mungkin ngga sengaja terselip di folder lain, pr nih ;)

sumber: joyofbaking.com

riri

Comments

Popular Posts