chocolate cupcakes

ini percobaan resep cupcake kedua :) yum!

chocolate cupcakes {printable version}
16 cupcakes


bahan cake
50 gr dutch-processed cocoa powder
240 ml air panas mendidih
175 gram tepung terigu segitiga biru (all purposed flour)
2 sdm baking powder
1/4 sdt garam
113 gr unsalted butter, temperatur ruangan
200 gr gula halus
2 btr telur
2 sdm pure vanilla extract

bahan frosting
120 gr unsweetened chocolate, potong kasar
150 gr unsalted butter, temperatur ruangan
160 gr gula halus atau icing sugar
1 1/2 sdt pure vanilla extract


cara membuat
1. panaskan oven 190 derajat C. siapkan 16 buah muffin cup.

2. dalam mangkuk kecil, aduh rata cocoa powder dan air mendidih. biarkan mendingin dalam suhu ruangan. dalam wadah terpisah, aduk rata tepung, baking powder dan garam.

3. mikser butter dan gula hingga halus dan mengembang. tambahkan telur secara bersamaan, mikser hingga lembut. kemudian tambahkan vanilla extract. masukkan secara berkala campuran tepung hingga tercampur rata. masukkan campuran cocoa yang sudah dingin (temperatur ruangan) dan aduk hingga halus dan lembut.


 4. isi tiap muffin cup sebanyak 3/4 dengan adonan dan panggang sekitar 16 - 20 menit hingga mengembang dan empuk. lakukan tes tusuk gigi, bila sepanjang tusuk gigi yang dimasukkan bersih, cake berarti sudah siap. jangan sampai terlalu lama memanggangnya, atau cupcake akan kering. biarkan cake dingin dalam suhu ruangan, sementara itu kita bikin frostingnya.

5. chocolate frosting. lelehkan coklat dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panci yang berisi air mendidih. bila coklat sudah leleh, biarkan mendingin dalam suhu ruangan.

6. mikser butter hingga lembut dan creamy (sekitar 1 menit). kemudian masukkan gula hingga lembut dan mengembang (sekitar 2 menit). masukkan vanilla extract. masukkan coklat yang sudah dilelehkan dan mikser dalam kecepatan rendah hingga adonan rata sempurna. tingkatkan kecepatan mikser hingga medium-high hingga frosting lembut dan glossy (sekitar 2 - 3 menit)

7. hias cupcake sesuai selera :)



review
cake-cupcakenya enak :D walopun rasany lebih mirip brownies kukus haha..mungkin karena adonannya ri encer, lebih encer dari tutorial videonya hehe.. ri dobelin jumlah cocoa powdernya ke dalam adonan, jadi coklatnya kerasa banget. yum ^^ overall, ri puas dengan hasil belajar memasak kali ini :)

*nah, foto cupcakenya juga ambil dari sumber lain karena folder fotonya barengan dengan chocolate wafernya yang hilang :( semoga ketemu ya, kan bagian dari sejarah itu... 

photo courtesy of kirbiecravings.com, recipe from joyofbaking.com

riri

Comments

Popular Posts