Tuesday, August 2, 2011

strawberry triffle with angel food cake

akhirnya! bikin dessert yang unyu juga setelah vakum sekian lama :) senangnyaaa....

strawberry triffle with angel food cake. dessert ini bisa dibilang sederhana per tahap proses pembuatannya. tidak rumit. hanya, untuk menghasilkan segelas mungil strawberry triffle memang memakan waktu agak lama karena tersusun dari beberapa bahan.

angel food cake {printable version}


bahan
125 gr tepung terigu
300 gr gula halus
12 btr telur
1 sdt cream of tartar
1/2 sdt garam
1 sdm fresh lemon juice
1 sdm ekstrak vanili murni
1/2 sdm ekstrak almond

cara membuat
1. ayak tepung dan 150 gr gula halus, campur. sisihkan.

2. aduk putih telur dengan mikser kecepatan rendah sampai sedikit berbusa

3. tambahkan garam, lemon juice dan cream of tartar. aduk dengan mikser kecepatan sedang sampai foamy, tapi tidak sampai kaku.

4. masukkan 150 gr gula halus perlahan-lahan ke dalam adonan putih telur, aduk dengan mikser kecepatan tinggi hingga kaku.

5. tambahkan ekstrak vanili dan ekstrak almond. aduk sebentar dengan spatula hingga rata.

6. tambahkan adonan 1 ke dalam adonan putih telur perlahan, aduk rata.

7. masukkan adonan ke dalam loyang 25 cm, ratakan dengan punggung sendok. panggang dalam oven bersuhu 175 derajar celcius selama 40 - 45 menit.

sumber: joyofbaking.com

bersyukurlah kita hidup di jaman yang serba memudahkan segalanya. thanks to you, technology, for making our life easier :) tidak perlu susahsusah lagi membayangkan "kocok putih telur sampai kaku.." dan bla bla bla karena di internet telah tersedia video demonstrasi memasak. untuk resep angel food cake, ri 'berguru' disini.



strawberry triffle {printable version}





bahan 
1 bks pudding vanilla instan
250 gr susu
1 bh angel food cake
strawberry secukupnya
whipped cream secukupnya

cara membuat
1. masak vanilla pudding sesuai instruksi kemasan, campur dengan susu.

2. susun angel food cake yang dipotong dadu, pudding vanilla, strawberry dipotong 4 bagian dan whipped cream dalam gelas saji. hias sesuai selera.

3. dinginkan dalam lemari pendingin selama 4 jam.

4. strawberry triffle siap dihidangkan :)

sumber: allrecipes.com

review
uhm,, karena ini kali pertama ri membuat semacam sponge cake berbahan dasar putih telur saja, ternyata ada beberapa trik yang harus dipahami.

walaupun hanya menggunakan putih telur saja (tanpa kuningnya), sewaktu memisahkan putih telur dengan kuning telur, bagian putih telur yang encer sebaiknya jangan diikut sertakan alias dibuang saja untuk mencegah kue menjadi bantat. jadi pakai putih telur yang kental saja.

trus, sewaktu kue selesai dipanggang dan dikeluarkan dari panggangan, segera balik loyang 180 derajat untuk mencegah kue menjadi turun *i did -_____-

nah kemudian mengenai whipped cream. sebaiknya gunakan whipped cream yang lebih mahal sedikit daripada yang murah *dalam hal ini harga menentukan rasa. ri sempat membeli dua whipped cream dengan merek dan harga berbeda :D dan satu hal lagi. gunakan heavy whipped cream, bukan light whipped cream agar rasa lebih creamy di lidah.nyam...

nah trus secara di supermaket biasa agak suit menemukan pudding vanilla, bisa diganti dengan vanilla custard. atau bisa juga pudding plain ditambahkan perisa vanilla *lebih baik perisa asli, bukan buatan.

secara keseluruhan, ri puas sangat dengan hasil masak kali ini :D ciamik!

coba dihidangkan sewaktu weekend agar weekendmu jadi semakin creamy.

riri

No comments: