Sunday, March 8, 2015

hokkaido milk loaf

hi!

lama sekali rasanya ngga posting resep masakan di blog. kemarin-kemarin sibuk dengan Lilium Embroidery dan lain-lain. posting hasil coba resep di Instagram sih jalan terus tapinya hehe... alhasil 'hutang'nya di blog banyak yah. 

mulanya dari pikiran sekian lama asik coba-coba berbagai resep, rasanya kok ngga pernah coba bikin roti ya? kelihatannya susah. 

tapi ternyata ngga!

akhirnya aku coba resep roti yang (kelihatannya) mudah dulu. Hokkaido Milk Loaf. bahan-bahannya juga sederhana sekali. ternyata membuatnya memang mudah, hanya perlu kesabaran saja. enang sekali, rotinya mengembang dan lembut. rasanya juga enak. coba-coba resep kali ini puas rasanya :)



bahan-bahan:

4 1/2  cups tepung roti (tepung cakra)
1/2 cup all purpose flour
250ml susu
190ml whipping cream
1 btr telur
2 sdm bubuk susu
4 sdm gula halus
3 sdt ragi kering
1/2 sdm garam

cara membuat: 

1. siapkan 2 buah loyang roti, lapisi dengan mentega dan tepung. 

2. campur bahan kering, aduk rata. di tempat terpisah campur bahan basah. masukkan bahan basah ke dalam bahan kering, aduk dengan mesin roti, pilih mode dough (adonan). setelah mesin selesai menguleni, diamkan adonan di dalam mesin sekitar 45-50 menit hingga mengembang kira-kira 2 kali lipat. tutup dengan kain. 

3. angkat dari mesin, bagi adonan menjadi 4 dengan proporsi yang sama dan bentuk menjadi bola. 

4. siapkan permukaan rata yang telah ditaburi dengan tepung secara merata. ratakan bola adonan dan giling membentuk persegi empat. gulung adonan kembali eperti swiss roll. 

5. masukkan adonan ke dalam loyang. ulangi hal yang sama dengan bola adonan ke-2. letakkan 2 buah bola adonan ke dalam 1 loyang roti. 

6. diamkan agar adonan mengembang sekitar 1 jam atau hingga adonan mengembang hingga memenuhi 75% loyang. 

7. panggang dalam suku 190 derajat celcius sekitar 50-55 menit dalam loyang tertutup atau selama 40 menit dalam loyang terbuka (tidak tertutup). 

catatan:

1. bila tidak memiliki mesin roti, adonan bisa diuleni dengan tangan hingga kalis. semakin lama menguleni, semakin lembut roti nantinya. 

resep diadaptasi dari sini

riri

No comments: