Tuesday, February 21, 2012

riricakelover: pandan chiffon cake

di bangladesh ia dikenal ketaki, burma menyebutnya soon-mhway, bai tooey di thailand, lá dứa di vietnam dan indonesia mengenalnya sebagai pandan wangi. tanaman hijau serupa semak rumput berbau wangi yang nyaman. seringkali bersama dengan santan ia berfusi dalam masakan menjadi kesatuan yang sangat asia.

tergerak oleh wanginya yang sangat khas, ri mencoba untuk membuat salah satu jenis kue berbahan pandan wangi. apalagi kalau bukan pandan chiffon cake. ri mencoba mencari beberapa resep pandan chiffon cake yang sederhana dan akhirnya pilihan ri jatuh pada resep dari tabloid bintang dengan beberapa penyesuaian. ri mengganti pandan paste buatan dengan daun suji.

pandan chiffon cake 
untuk 12 potong



bahan a
10 lembar daun pandan (bila daun pandannya berukuran kecil, lipat gandakan menjadi 20)
10 lebar daun suji
7 butir kuning telur
150 ml santan
75 ml vegetable oil
1/2 sdt vanilla extract
200 gr tepung terigu segitiga biru
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam

bahan b
8 putih telur
1/4 sdt cream of tartar
200 gr gula pasir

cara membuat
1. panaskan oven dengan suhu 160 derajat celcius dan siapkan loyang.

2. lumatkan daun pandan dan daun suji, lebih baik dengan cobek atau alu, bukan dengan food processor agar aromanya lebih keluar. campur dengan 60 ml air matang sambil diremas-remas. sisihkan.

3. campur campuran daun pandan dan suji, santan, dan vegetable oil. sisihkan.

4. ayak tepung terigu, baking powder, dan garam. buat cekungan di tengahtengah adonan tepung, masukkan kuning telur dan adonan (2). aduk rata. tambahkan vanilla extract. aduk hingga rata.

5. dalam mangkuk terpisah, kocok putih telur dengan mikser kecepatan sedang hingga berbusa. masukkan cream of tartar, garam dan gula pasir sedikit demi sedikit. kocok hingga kaku. proses ini memakan waktu sekitar 15 menit dengan mikser tangan.

6.  campur adonan (4) dengan adonan (5) secara perlahan agar adonan putih telur tidak turun. lihat tekniknya pada video di bawah.

7. masukkan adonan dalam loyang, panggang selama kurang lebih 1 jam sampai bagian atas kue berwarna cokelat.


8. setelah matang, angkat adonan dari oven dan segera dibalik dengan tumpuan botol. berleher panjang. diamkan hingga dingin, baru lepas dari cetakan. siap dihidangkan ^^

review
kuenya 90% berhasil! wihiii... enak, wangi, mengembang dan very moist. bila kue dipanggang dengan suhu yang lebih rendah, ia akan jadi lebih mengembang daripada dipanggang dengan suhu yang lebih tinggi. dalam kasus ri, ini malahan sangat mengembang sampai menyentuh tutup panggangan -___- satu jam 10 menit berlalu dan ri kira kuenya sudah matang sempurna, ri angkat deh dari panggangan. nah ternyata dalam proses pendinginan bagian atas kuenya turun karena ternyata belum matang sempurna sehingga struktur kuenya belum kuat. nah ini dia faktor 10%nya..

karena menggunakan pewarna alami -pandan dan suji, maka cake berwarna hijau pupus, bukan hijau terang seperti yang biasa kita lihat di toko kue :)

dibandingkan dengan percobaan ri dengan resep berstruktur putih telur yang pertama - kasutera, resep ini jauh lebih berhasil :D minggu depan coba bikin lagi yuk!

riri

No comments: