Saturday, November 19, 2011

kasutera


ini percobaan pertama ri membuat japan sponge cake. nampak sederhana, tapi ya, jepang.. rangkaian inticate steps dan diperlukan ketelitian dalam prosesnya. sebagai pribadi yang menghargai indahnya proses, ri mencoba untuk walk in line, walaupun ngga seratus persen. *well.. sangat golongan darah a, what can i say more ;) tumben loh bikin sponge cake aja segini ribetnya! :)

setelah browsing beberapa website dan blog, berusaha mencari benang merah diantaranya, akhirnya ri memutuskan untuk mengkombinasikan dua buah resep yang mirip, dari thefreshloaf.com dan justhungry.com.

kasutera

bahanbahan
4 btr telur
110 gr gula pasir (bisa juga pakai gula halus)
100 gr tepung roti
40 ml susu
2 sdm madu
1 sdm aji mirin *sayangnya ri ga nemu :( jadi bahan ini ri skip

cara membuat
1. seperti yang ri jelaskan sedikit di posting sebelumnya, orang jepang elbih memilih menggunakan cetakan kayu untuk membuat kasutera. bila kamu menggunakan cetakan kayu, cuci dan rendam cetakan kayu dalam air semalaman. keringkan, kemudian panggang dalam oven dengan suhu 350 F selama 30 menit. proses ini bertujuan untuk menghilangkan bau dari cetakan kayu. untung menggunakan cetakan kayu, taruh cetakan kayu di atas suatu alas panggang yang dilapisi aluminium foil (cetakan kayu tidak memiliki dasar), kemudian lapisi dengan kertas perkamen pada sisisisi di dalamnya. bila kamu menggunakan cetakan aluminium, lapisi juga sisisisi dalamnya dengan kertas roti.

2. ayak tepung minimal 2 kali. 3 kali lebih bagus lagi :)

3. panaskan susu dan madu hingga tercampur rata. namun, jangan sampai susu mendidih. sisihkan.

4. dalam wadah, masukkan telur. aduk sebentar dengan tangan agar merata. kenapa pakai tangan? ini dilakukan agar egg foam nantinya stabil. kemudian, masukkan gula. rendam sedikit bagian bawah wadah dengan air hangat, bukan panas. kamu ngga mau adonan telurmu jadi matang kan? ;) atau, bila airnya panas, usahakan agar bagian bawah wadah tidak terendam, hanya terkena uapnya saja.  hal ini bertujuanagar gula pasirnya menjadi hangat dan mencair. aduk adonan dengan mikser berkecepatan tinggi selama 5 menit.

2.


No comments: