Friday, November 11, 2011

chocolate wafers

chocolate wafers {printable version}



untuk 36 kukis

bahan 
130 gram tepung terigu segitga biru
50 gram unsweetened cocoa powder (regular atau Dutch-processed)
1/4 sdt baking soda
1/4 sdt garam
45 gram unsalted butter, temperatur ruangan
45 gram margarin (atau Smart Balance)
140 gram light brown sugar
100 gram gula putih halus
1 sdm pure vanilla extract
1 btr telur ayam

cara membuat 
1. campur bahan kering - tepung, cocoa powder, baking soda, garam- dalam sebuah mangkuk, sisihkan.

2. dalam tempat terpisah, mikser butter dan margarin hingga tercampur rata. tambahkan gula dan vanilla ekstrak dan mikser dalam kecepatan tinggi sekitar satu menit. tambahkan telur. tambahkan bahan kering (1) sampai tercampur rata.

3. letakkan adonan di atas permukaan rata. dan dengan menggunakan tangan, bentuk adonan menyerupai tabung/ pipa sepanjang kurang lebih 23 sentimeter. kemudian bungkus adonan menggunakan aluminium foil atau wax paper. lipat ujungujungnya. masukkan ke dalam lemari pendingin hingga mengeras. proses ini dapat berlangsung beberapa jam atau satu malam penuh.

4. panaskan oven 180 derajat celcius. alasi rak oven dengan kertas perkamen.

5. dengan menggunakan pisau tajam, potong adonan yang telah mengeras kurang lebih 6 mm. letakkan adonan terpotong di atas rak oven dengan jarak masingmasing sekitar 2,5 sentimeter. panggang kurang lebih 10 - 12 menit hingga kukis mengembang dan permukaan atasnya retak. dinginkan dulu sebelum menyimpannya dalam toples. tahan hingga 10 hari. bisa juga disimpan di lemari pendingin.


tips
untuk variasi, bisa tambahkan almond di atas ataupun dicampur dalam adonan kukis. lebih nikmat dan renyah ^^

review
secara ini kali pertama ri bikin kukis, perlu dua kali pemanggangan untuk ketemu selanya :D ternyata ngga sama dengan memanggang kue sejenis bolu. tusuk pakai tusuk sate, bila bersih, berarti matang. ngga gitu. bila permukaan kukis sudah mulai retak, walaupun ditusuk masih lembek, artinya itu adalah saat paling tepat untuk mengangkatnya nanti setelah didinginkan kukis akan mengeras dengan sendirinya. dan sempurna ^^. bila ditunggu hingga keras di dalam oven, nanti setelah dingin kukis akan jadi terlalu keras, kecuali kalau kamu memang bermaksud untuk membuat kukis yang bisa mematahkan gigimu :D

trus, bila ingin rasa coklat yang lebih legit, tambahkan saja cocoa powdernya. bila ingin ngga terlalu manis, kurangi gulanya sekitar 50 gram.

ri sedikit bereksperimen dengan adonan kukis ini. ri menambahkan almond potong di atas kukis siap panggang. jangan lupa, tekan sedikit hingga masuk sedikit ke dalam adonan kukis supaya waktu matang almondnya tidak mudah terlepas. alternatif lain, almond potong dimasukkan ke dalam adonan kukis. yang terakhir ini jadi bikin kuisnya lebih enak :D

cihui!

*foto diambil dari chocolateonly.net, soalnya foto coklat wafer hasil masakannya ri hilang +___+ entah kemana hics.. jadinya terpaksa ambil foto termirip dengan hasil masakan di google.

riri

No comments: