Monday, July 11, 2011

vanilla cupcakes

lamalama blog ini bisa jadi blog masak memasak :D

akhirnya bikin cupcake juga! bikin yang sederhana dulu aja. vanilla cupcake di minggu pagi... mumpung akhirakhir ini suka kelebihan energi. so... i decided to stay all day long in my (mom) humble kitchen :) a wise decision, wasn't it?

vanilla cupcakes

bahan a
tepung terigu protein rendah 100 gr1
tepung terigu protein sedang 70 gr
tepung maizena 35 gr
baking powder 1/2 sdm
garam 1 sdt
gula pasir 225 gr

bahan b
mentega tawar 115 gr, potong dadu

bahan c
telur 2 btr
susu tawar cair 125 ml
ektrak vanili/ vanili bubuk 1 sdt

cara membuat
campurkan semua bahan a, kocok dengan mikser kecepatan rendah sampai rata. tambahkan bahan b, kocok dengan mikser kecepatan rendah sampai tercampur rata.

dengan wadah lain, campurkan bahan c. kocok dengan mikser kecepatan rendah sampai tercampur rata, jangan kocok terlalu lama.

masukkan adonan c ke dalam adonan campuran a & b. kocok dengan mikser kecepatan sedang. kocok sampai tercempur rata dan adonan terlihat lebih halus.

masukkan adonan ke dalam paper cup. isi kurang lebih setengah paper cup atau gunakan sendok es krim, dengan takaran 1 sendok eskrim per cupcake.

siapkan loyang muffin/ loyang biasa yang sudah diberi paper cup. panaskan oven dengan suhu 175 derajat celcius.

panggang selama 20 - 30 menit.

angkat dan diamkan sampai cupcake dingin (dinginkan di suhu ruang saja, tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas). cupcake siap dihias.


:) jadi deh cupcakenya. sudah komplit? belum... cupcake tidak lengkap tanpa buttercream. sembari menunggu cupcake matang, kita bisa sambilan membuat buttercream untuk hiasan cupcake.


bahan buttercream
mentega tawar 150 gr
mentega putih 1 kg
susu kental manis 1 kaleng
gula cair (300 gr gula pasir dimasak dengan 150 ml air), dinginkan
susu putih bubuk 8 sdm
gula halus 5 sdm

cara membuat
campur semua bahan ke dalam mikser kecepatan tinggi selama 15 menit atau sampai adonan halus.

butter cream siap digunakan.

bila ingin memberi warna pada buttercream bisa mencampurnya dengan pewarna makanan berbentuk cair.

*karena bahan butter creamnya terlalu banyak, sewaktu membuat butter cream ri membagi 5 resep di atas.

sumber: buku panduan mudah membuat & menjual cupcake favorit oleh putri tambunan (ibu muda cantik!) :)

and..this is it! vanilla cupcake ala chef lili :D


kuenya rasanya ok-lah,,, dari 5 bintang layak dapat 3 1/2 bintang. waktu nunggu keluar dari (alat panggang sejenis) oven rasanya deg-degan. takut kuenya ngga mau ngembang lah, takut kuenya bantat lah... tapi ternyata engga terbukti! kuenya mengembang sempurna dan ngga bantat! hip hip hura ^^

butter creamnya,, err.. entah salah dimana kok agak padet ya kya buttercream kue tart? semustinya kan butter cream untuk cupcake agak lembek yah lebih halus,,hm.. salah buku masaknya dong... kan uda ngikutin gram per gram instruksi disana hehe... dari 5 bintang butter creamnya layak dapat 2 bintang. jadi ditotal keseluruhan cupcake pertama ri layak dapat 2 1/2 bintang :P *o p t i m i s

ri baru bisa menikmati rasa sebenarnya dari cupcake bikinan sendiri sehari setelah memasak. nyam.. seperti kebiasaan yang sudahsudah, tiap kali selesai memasak pasti rasanya eneg banget ngerasain masakan sendiri. hehe.. dah cape melototin terus kali ya berjamjam. dari siang sampai sandikala.

oiya, sekilas mengenai buku panduan ini, di dalamnya tidak banyak ada resep cupcake, hanya 4 jenis cupcake: vanilla, chocolate, greean tea and the well-known red velvet cupcake. bukunya cukup informatif, menerangkan mulai dari alatalat untuk membuat cupcake, bahan dan hiasan cupcake juga jenis dan resep hiasan cupcake beserta teknik menghiasnya.

buku ini juga menerangkan secara singkat tips untuk berjualan cupcake, mulai dari teknik pengemasan, teknik marketing, cara menghitung harga jual (disertai contoh) dan direktori toko bahan dan alat cupcake di beberapa kota besar di indonesia online dan offline! jarangjarang loh ada buku memasak seperti ini :)

dari segi layout dan foto pun buku ini laik diacungi jempol. semua halamannya pun berwarna. dengan harga 26,500, buku ini layak dikoleksi oleh newbie cupcake-maker kya riri. hihi...

oiya

kamu tahu? ketika mulai menulis postingan ini bau manis dari buttercream sekilas menyesap masuk memenuhi indera penciuman. padahal ngga ada cupcake di sekitar ri. *serius i call it the power of mind :D

riri

2 comments:

eshastry said...

:9

RIRI PRABANDARI said...

nanti cobain trial selanjutnya ya dik ^^