Saturday, September 18, 2010

berbelanja ke mall memakai baju tidur

mungkin ini seperti penyakit. kecanduan. tapi ini kecanduan yang terkontrol *setidaknya kupikir begitu :D

belanja online (online shopping)!

entah dari baju, sepatu, kosmetik sampe barang yang pasti menurutmu ngga penting...

mulanya dari temannya ri, sebut aja namanya swandewi :D dunia online shopping ri diperkenalkan mulai dari online seller (penjual online) di multiply yang tergabung dalam group trusted seller, kumpulan account online shop (toko online) yang terpercaya. ada ratusan online shop tergabung di dalamnya.

dari sinilah petualangan online shopping dimulai ;-p *tersenyum licik

jadi buat yang belum ngeh apa itu online shopping kak riri jelaskan ya, online shopping yaitu berbelanja di tokotoko yang berada di dunia maya, cara untuk mencapainya adalah melalui jalan internet, tujulah komplek website. kalau bingung mintalah keterangan pada counter informasi bernama google.

barangbarang di online shop didisplai di masingmasing website tapi tak bisa disentuh, diraba (3d) cuma bisa lihat melalui foto (2d). cara mengetahui spesifikasi masingmasing barang, lewat keterangan tulisan -biasanya di sekitar fotonya -disini diperlukan mata yang terlatih melaui jam terbang yang tinggi ;p - atau bisa tanya penjualnya lewat PM (personal message) atau YM (yahoo messenger) atau sms.

kalau emang mau beli, tambahkanlah itemmu ke kereta belanjaan (cart) dan isilah formulir yang tersedia (nama, alamat, shipping kemana) atau bisa kirim message kepada penjualnya -ada juga penjual yang ngga mau dikirim message, tapi melalui sms langsung. bayarnya? transfer lewat atm ke rekening penjual - sejauh ini sih ri ga pernah belanja pake kartu kredit, takut ga aman :P

setelah mentransfer sejumlah uang –harga barang dan ongkos kirim *bila ada - kirim message atau sms konfirmasi pembayaran. nah kalau penjualnya bukan penipu, barangmu akan sampai pada dirimu dalam beberapa waktu/ hari *tergantung ekspedisi dan daerah tempatmu tinggal.

mudah kan? ngga perlu bermacetmacet di jalan, ngga perlu dandan –bisa shopping sambil pake baju bobo :P- dan waktu bisa menyesuaikan kapan saja :D

di awalawal petualangan online shopping di dunia maya sich kalap, rasanya semua barang bagusbagus dan patut dibeli, apalagi kalo foto produknya bagus. hi hi… memang, butuh jam terbang yang tinggi untuk bisa jeli dalam menilai barang di online shop, maklum penilaian kita hanya bisa sebatas foto. jadi pinterpinter kita dalam menilai kualitas suatu barang.

layaknya toko di dunia nyata (bentuk fisik tokonya ada) dengan berbagai macam konsep (mall, lapak, ruko, butik), toko online pun memiliki banyak bentuk. bentuk mall virtual denganberbagai macam toko dan berbagai jenis barang bisa ditemui di dalamnya di dalamnya bisa ditemui di situs seperti rajashops misalnya. ada juga yang berupa toko grosiran seperti barangbaru, yang exculsive dalam bentuk boutique, seperti petitecupcakes juga ada :D

bagaimana cara tau alamat tokotoko online? macammacammm kalo udah niat belanja sih bisa tau dari manamana ya haha,,,, bisa lewat tukar informasi dengan teman, majalah, social networking (facebook, multiply), forum (fashionesedaily, kaskus)

ada baiknya kita ngebookmark alamat online shop yang kita temui, kalo ri sih sukanya ngebookmark di delicious (untuk online shop) karena bisa dikasih keterangan toko ini menjual apa sajakah he he... beberapa situs online shopping lucu yang ada di bookmark riri (ga semua shop dibawah ini ri pernah belanja -but maybe one sunny day, siapa tahu ;p) :

Kain Ikat – kain dari berbagai daerah di indonesia
Batik Dua Sisi – pakaian batik side a - side b
Free People - fashion, bisa international shipping!
Fashion Private - branded fashion dengan sale sampai 80%!
BestBuyWorld – kosmetik bermerk dengan harga miring
kamarkarma - barangbarang untuk isi kamarmu :-)
OQ Book Online - buku komik second
Kineruku - buku (bukan jenis kya yang di gram*d*a), dvd
The Brag Company - tas travelling spesial untuk bra-mu! he he...
Etsy - handmade-  stuff - mall

enaknya di dunia online, ri bisa menemukan barangbarang unik, diskon *itu pasti, made in indonesia yang kreatif dan ngga ada di bali atau malah ada di bali cuma ngga 'ngeh' klo ternyata ada barang semacam itu di bali :D semisal ri baru aja tau ada sepatu – sandal batik lucu bikinan anak ITB berlabel Kulkith –dan baru saja membelinya :D

pengalaman ri berbelanja secara online ngga selalu sukses, pernah suatu ketika ri dan swandewi 'belanja bareng' via YM. jadi kita berada di tempat masingmasing browsing, kalau salah satu dari kita melihat barang yang bagus, kita saling mengirimkan linknya lewat YM untuk minta pendapat, "bagus ga?" "beli ga ya?". nah.. waktu itu swan menemukan baju kartun superhero yang terlihat keren di foto, harganya murah pula, cuma 27ribu *ngga curiga*. pilihan warnanya hijau, pink dan biru. kita samasama naksir yang warna hijau, alhasil jadi rebutan. ok, swan akhirnya memilih yang warna pink. jeng jeng jeng.... barang tiba, dan? warnanya jauh beda sama aslinya, kalau di foto display online shop-nya warna hijaunya hijau lumut, warna aslinya ternyata hijau jreng. begitupula yang warna pink dan biru. toengggg.....g @_@ norak abis pokoknya. baju itu akhirnya berakhir jadi baju rumah saja. dan... pernah suatu ketika malah ri lihat blibli khas bali dengan kulit hitam legam memakai baju yang sama persis dengan yang ri punya. OMG @_@

eniwei, kepercayaan sangat diperlukan dalam dunia online shopping ini. Kalau baca di forum, ngga sedikit juga penjual yang nipunipu. uang sudah ditransfer, barang tak kunjung tiba. untungnya sejauh ini ri ngga pernah -jangan sampe- kena penipuan.

tapi ngga sedikit juga penjual yang jujur, atau malah yang bersedia bila barangnya size-nya ngga cocok (kekecilan/ kebesaran), barang bisa dikirim kembali dan diganti dengan barang yang sesuai size-nya.

selamat memulai petualangan online shopping temans :-)

riri

No comments: